Kamis, 21 Desember 2017

Jenis-jenis Auditor dan Analisis Kasus

Kode etik adalah sistem norma, nilai dan aturan profesional yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik, dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Kode etik menyatakan perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Sedangkan Auditor adalah orang yang melakukan kegiatan auditing. Adanya kode  etik akan melindungi perbuatan yang tidak profesional. 

Jenis Auditor berbeda-beda tergantung jenis – jenis audit yang dilakukannya. 
Menurut para ahli, jenis auditor dibedakan menjadi :

1.    Auditor Internal (Internal Auditor)
Merupakan auditor yang dipekerjakan oleh suatu entitas usaha dan bekerja untuk perusahaan tersebut. Auditor Internal hanya memeriksa dokumen – dokumen keuangan internal yang diberikan oleh pihak –pihak manajemen dalam ruang lingkup yang terbatas. Auditor Internal juga membantu perusahaan untuk meningkatkan akurasi data keuangan mereka dan menghindari masalah hukum atau keuangan.

2.     Auditor Independen (Independent Auditor)
Merupakan auditor eksternal yang pada umumnya merupakan anggota kantor akuntan publik yang memberikan jasa audit profesional untuk masing – masing klien. Di luar negeri sebutan auditor independen adalah CPA. Auditor Independen haruslah benar – benar independen artinya tidak dapat dipengaruhi oleh pihak – pihak manapun.

3.    Auditor Pemerintah (Government Auditor)
Merupakan auditor yang bekerja pada sektor – sektor pemerintahan. Auditor Pemerintah pada umumnya meninjau keuangan dan praktek lembaga – lembaga pemerintahan. Hasilnya akan dijadikan acuan dalam membuat dan mengelola beberapa kebijakan dan anggaran.

4.    Auditor Forensik (Forensic Auditor)
Merupakan auditor yang mempunyai spesialisasi dalam tindakan kriminal keuangan. Biasanya mereka memeriksa beberapa dokumen yang terkait dengan tindakan kriminal seperti kejahatan perbankan, fraud, money laundry, serta melacak uang yang digunakan untuk mencari tahu darimana uang itu berasal dan dimana uang itu tersimpan

ANALISIS KASUS

Menurut saya, kasus tersebut yang sudah dijelaskan di pada saat pertemuan di dalam kelas sepertinya tidak menggunakan aplikasi untuk mengatur keuangan dan mempermudah pendeteksian kejanggalan laporan keuangannya. Dalam keadaan saat ini penggunaan teknologi informasi amat sangat dibutuhkan, terlebih teknologi informasi yang terdaftar dan memiliki sertifikat resmi. Korupsi marak terjadi di Indonesia, kolusi yang dibuat dalam perusahaan menimbulkan adanya tindak korupsi.  Kode etik yang dilanggar oleh oknum yang terlibat dengan kasus yang sudah dijelaskan oleh ibu dosen pengajar, adalah sebagai berikut:

Integritas
Integritas yaitu seharusnya bersikap jujur dan lugas. Oknum tersebut terbukti tidak jujur karena telah memalsukan pencatatan sehingga perusahaan rugi hingga triliyunan rupiah.

Objektivitas
Karena oknum tersebut tidak bersikap objektif dan tidak mementingkan kepentingan banyak orang. Seorang akuntan harus mengedepankan kepentingan masyarakat umum dibandingkan kepentingan pribadi.

Kerahasiaan
Oknum tersebut tidak menjaga kerahasiaan kondisi perusahaannya karena telah membocorkan kondisi perusahaan pada pihak yang salah.

Profesional
Seharusnya seorang akuntan mematuhi peraturan yang berlaku sesuai dengan profesi akuntansi, dan hal yang dilakukan oknum tersebut terbukti sangat melanggar peraturan yang berlaku untuk seorang akuntansi.

Standar Teknis
Oknum tersebut juga tidak mengikuti standar yang berlaku untuk akuntansi, misalnya saja dalam hal pencatatan untuk depresiasi yang mana kegiatan tersebut seharusnya tidak mengeluarkan biaya, melainkan hanya mengurangi nilai dari aktiva tetap itu sendiri.

Tanggung Jawab Profesi
Oknum tersebut sangat tidak bertanggung jawab bahkan pada profesinya diluar profesi sebagai bagian keuangan di perusahaan. sebagai seorang panutan tidak sepantasnya oknum terebut melakukan hal yang melanggar dasar-dasar akuntansi.

Sumber :
http://www.belajarakuntansionline.com/jenis-jenis-auditor-dan-penjelasannya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Empat_Besar_(firma_audit)#Merger_dan_Auditor_Besar

0 komentar:

Posting Komentar