Selasa, 04 November 2014

Tugas 3

Faktor yang Menjadi Pertimbangan dalam Memilih Badan Usaha yang Didirikan

 

1. Modal yang diperlukan
Apabila badan usaha yang akan didirikan memerlukan modal yang tidak terlalu banyak, sebaiknya dipilih badan usaha perorangan. Sebaliknya, apabila badan usaha yang didirikan memerlukan modal dalam jumlah sangat besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT). Pada badan usaha berbentuk PT Anda dapat memperoleh modal dengan menjual saham kepada pihak lain.

2. Bidang usaha/kegiatannya
Apabila badan usaha yang akan didirikan berfokus pada kegiatan bidang perdagangan atau jasa, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan atau persekutuan. Namun, apabila badan usaha yang akan didirikan bergerak di bidang industri yang membutuhkan modal besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha PT

3. Tingkat risiko yang dihadapi
Apabila badan usaha yang akan didirikan mempunyai kemungkinan risiko kecil, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan atau persekutuan. Namun apabila badan usaha yang akan didirikan mempunyai resiko cukup besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha PT.

4. Undang-undang dan peraturan pemerintah
Penentuan bentuk badan usaha perlu disesuaikan dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kegiatan badan usaha tidak boleh bertentangan dengan undang-undang dan peraturan pemerinah.

5. Cara pembagian keuntungan
Pembagian keuntungan adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih bentuk badan usaha. Apabila mengharapkan keuntungan dapat dinikmati sendiri, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan. Sebaliknya, apabila keuntungan ingin dinikmati secara bersama-sama, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha persekutuan atau PT.

Alasan Orang Merubah Bentuk Perusahaan Perseorangan menjadi Perseroan Terbatas

 

Dalam Perseroan Terbatas, tanggung jawab yang terbatas dari para pemegang saham terhadap utang-utang perusahaan. Maksudnya adalah jika anda termasuk pemegang saham dan kebetulan perusahaan punya utang, anda hanya bertanggung jawab sebesar modal yang anda setorkan. Tidak lebih. Berbeda dengan perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan perseorangan bertanggung jawab terhadap utang perusahaan secara penuh. Selain itu, dalam Perseroan Terbatas juga kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum lebih terjamin, sebab tidak tergantung pada beberapa pemilik. Pemilik dapat berganti-ganti. Dalam Perseroan Terbatas juga lebih mudah memperoleh tambahan modal untuk memperluas volume usahanya, misalnya dengan mengeluarkan saham baru.Lain halnya dengan Perusahaan Perseorangan yang lebih sulit memperoleh modal, artinya jika perusahaan perseorangan ingin mendapatkan tambahan modal atau investasi dari perbankan relatif sulit, terutama untuk jumlah yang besar. Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu, orang lebih cenderung merubah bentuk Perusahaan Perseorangan menjadi Perseroan Terbatas karena lebih mudah dan efisien.

Alasan Bentuk Usaha Koperasi Cocok dengan Bentuk Usaha Rakyat Indonesia


Karena landasan negara Indonesia adalah gotong royong. Berdasarkan pengalaman, kegiatan saling membantu (gotong royong, solidaritas, dan perhitungan  ekonomi) diantara individu dan usaha akan lebih berhasil mengatasi permasalahan baik sosial maupun  ekonomi. Apalagi dalam menghadapi ekonomi pasar dimana persaingan pasar sangat ketat akan menyebabkan  UKM semakin tidak berdaya. Dalam ketidak berdayaan ekonomi seperti ini  kekuatan-kekuatan ekonomi  seperti usaha besar akan menguasai UKM baik dalam pemasaran hasil produksi maupun dalam penyediaan  sarana-sarana produksi.
Hal ini menyebabkan usaha-usaha kecil dan  menengah harus bergabung dalam suatu wadah (organisasi), dengan saling membantu dan bekerja  sama tidak saja untuk menghadapi oligopolis dan monopolis, tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan berproduksi dan memasarkan hasil produksinya. Organisasi tersebut dinamakan koperasi. Dalam bab ini akan diuraikan sejarah perintisan perkembangan organisasi koperasi yang dimulai dari Eropa dan disebar luaskan keseluruh dunia termasuk Indonesia.nPara pelopor koperasi telah berhasil memprakarsai organisasi-organisasi  koperasi dan mengembangkan gerakan koperasi, gagasannya dan mengembangkan struktur organisasi koperasi tertentu terutama yang dapat diadaptasikan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan, kepentingan-kepentingan khusus dan pada situasi nyata dari kelompok-kelompok orang-orang yang berbeda lingkungan ekonomis dan social budaya. Mereka dalam mendirikan tipe koperasi tertentu dengan melalui proses “trial and errors” yang akhirnya berhasil membentuk organisasi koperasi. Dalam melaksanakan fungsi-fungsi inovatif sebagai pemrakarsa – pemrakarsa sebagai pengusaha-pengusaha koperasi yang membuka jalan disebut  promotor koperasi.

Bentuk-Bentuk Usaha yang Maju Saat Ini

 

1. Usaha Makanan
Usaha makanan adalah salah satu usaha dengan tingkat keuntungan yang besar di bandingkan dengan usaha lainnya. Satu lagi, usaha makanan juga adalah salah satu usaha yang selalu laris dan tidak ada mati nya karena makan adalah kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, usaha makanan merupakan salah satu bentuk usaha yang sangat maju saat ini.

2. Menawarkan Jasa Keahlian
Misalkan anda memiliki keahlian dalam pemograman perangkat lunak ataupun dalam pembuatan website, gunakanlah keahlian anda tersebut untuk mendapatkan keuntungan sebesar besar nya dengan menawarkan jasa. Hal ini bisa anda lakukan secara offline ataupun online. Tentunya anda akan lebih untuk dan mendapatkan banyak pelanggan jika promosi yang anda gunakan adalah secara online sehingga banyak orang dapat menemukan jasa yang anda tawarkan dengan lebih mudah. Usaha yang satu ini tergolong usaha tanpa modal uang karena hanya bermodalkan keahlian teknis dan keahlian untuk memasarkan jasa yang anda tawarkan.

3. Memberikan Kursus Keahlian
Banyak orang yang ingin memiliki usaha atau bisnis memiliki kendala dengan masalah modal usaha dan tidak adanya keahlian yang dapat menguntungkan atau yang bisa dijual. Anda bisa menawarkan jasa anda kepada orang orang tersebut agar mereka memiliki keahlian yang memadai untuk membuat sebuah usaha yang menguntungkan berbasis keahlian yang dimiliki.

4. Bisnis Online
Bagi anda yang melek dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, sudah saat nya untuk berbisnis secara online. Banyak sekali peluang dan kesempatan sukses yang bisa anda raih dengan membuat bisnis online apapun. Jika saat ini anda masih awam dalam hal bisnis online, anda tidak perlu khawatir. Anda dapat belajar secara otodidak lewat artikel artikel yang banyak bertebaran di internet.

5. Bisnis Aksesoris
Membuka usaha bisnis aksesoris wanita cukup memberikan keuntungan yang besar. Selain itu aksesoris wanita memang cukup laris dipasaran, oleh karena itu perputaran uang anda menjadi lebih cepat ketimbang bisnis yang lainnya. Untuk pemasarannya sendiri, anda dapat memasarkan secara langsung dan juga dapat memasarkan secara online. Anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak jika anda dapat memasarkannya secara online.

6. Usaha Pengolahan Herbal
Usaha pengolahan dan pembuatan produk herbal juga sangat menjanjikan. Hal ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya kesadaran masyarakat tentang keampuhan produk-produk herbal. Selain itu, mereka beranggapan bahwa produk herbal lebih alami ketimbang produk sejenis yang diolah dari bahan kimia. Sehingga, produk herbal seperti obat-obatan, jamu, shampo, sabun herbal, dan lainnya mulai banyak dilirik masyarakat. Namun dalam melakoni bisnis ini, harus benar-benar dikerjakan dengan teliti karena berkaitan dengan kesehatan. Untuk memberikan jaminan terhadap produk anda, maka harus mengajukan izin dari dinas terkait.

7. Bisnis Gadget dan Pendukungnya
Di Indonesia, pengguna mobile gadget, terutama handphone dan komputer tablet terus mengalami peningkatan. Bahkan banyak masyarakat yang memiliki ponsel lebih dari satu. Nampaknya dalam lima atau sepuluh tahun mendatang, bisnis ini takkan pernah sepi, apa lagi terobosan dalam dunia teknologi terus berkembang. Oleh karena itu, anda yang memiliki modal menengah (10-20juta) bisa mulai terjun dalam bisnis ini. Sementara bila modal anda masih kecil, anda bisa berbisnis pada segmen pendukungnya, misalnya menjual pulsa dan assesorisnya.


NAMA ANGGOTA KELOMPOK:
1. PRADIFTA KUMALA (28214466)
2. AHMAD RAHADIAN (20214592)
3. ANDIKA NURUL IMAN (21214071)
4. MEIDINA FITRIANI (26214538)
5. MUHAMMAD IQBAL NURUL S. (27214352)
6. MUTIA RAHMADYANTI (27214675)

KELAS: 1EB13

JURUSAN: AKUNTANSI

0 komentar:

Posting Komentar