Jumat, 05 Desember 2014

Tugas 7



Mengapa Manajemen Pemasaran sering disebut Manajemen Permintaan


Karena manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi. Karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
Menurut Fuad, dkk (2008:124) ada delapan permintaan yang berbeda-beda. Pada tiap keadaan, ada tugas tertentu yang harus dilakukan manajemen pemasaran. Kedelapan permintaan tersebut yaitu :
  1. Permintaan Negatif (Negative Demand)
  2. Tidak ada Permintaan (No Demand)
  3. Permintaan Terpendam (Latent Demand)
  4. Permintaan yang Menurun (Falling Demand)
  5. Permintaan yang Tidak Teratur (Irregular Demand)
  6. Permintaan Penuh (Full Demand)
  7. Permintaan yang Berlebihan (Overfull Demand)
  8. Permintaan yang Tidak Sehat (Unwholesome Demand)   



Perbedaan antara Kebutuhan dan Keinginan



Kebutuhan adalah suatu dasar hal yang sangat dibutuhkan manusia untuk keberlangsungan hidupnya guna mencapai kesejahteraan. Sehingga apabila ada kebutuhan yang tidak dipenuhi atau kurang terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera. Misalnya makanan, minuman, pakaian dan rumah adalah kebutuhan dasar manusia untuk keberlangsungan hidupnya.
Sedangkan keinginan adalah suatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipernuhi sehingga manusia tersebut merasa puas. Misalnya mobil, perhiasaan dan barang- barang tersier lainnya.


  
Perbedaan Pasar dan Pemasaran

Pasar adalah Individu atau kelompok maupun organisasi yang mempunyai kebutuhan, berdaya beli, dan merealisasikan kebutuhan tersebut sebagai permintaan atas barang atau jasa. Pemasaran adalah proses dimana individu/ kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan menyediakan sesuatu kebutuhan, menetapkan harga, mendistribusikan, menawarkan atau mempromosikan dengan mempertukarkan produk serta jasa yang bernilai agar memuaskan pihak lain (konsumen) dan mencapai tujuan individu/ kelompok tersebut.



Marketing Mix (Bauran Pemasaran)


Marketing Mix Secara bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah marketing Mix adalah strategi pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang di lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing Mix itu sendiri.


Macam-macam Marketing Mix


Marketing Mix Product :

Produk sendiri terbagi dua yaitu produk nyata bisadilihat dan produk tidak nyata atau jasa hanyabisa di rasakan tapi tidak bisa di lihat. Dalam hal produk perlu di perhatikan kualitas, layanan, dll karena konsumen ketika membeli bukan hanya sekedar ingin tapi juga membutuhkan dan harus kita perhatikan kepuasan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan.


Marketing Mix Price :

Strategi dalam menentukan harga yang kita tawarkan kepada konsumen, karena harga juga penentu apakah konsumen mau membeli produk kita atau tidak.


Marketing Mix Promotion / Promosi :

Merupakan strategi dalam mengkomunikasikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada pembeli, dalamhal ini kita harus pandai – pandai menyusun strategi promosi agar produk kita bisa dikenal olehkonsumen.


Marketing Mix Place :

Sering juga di sebut saluran distribusi, yang berarti keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai.


Marketing Mix Partisipant or People :

Partisipant atau people yang di maksud adalah mereka yang ikut berpartisipasi dalam startegi pemasaran produk atau jasa, misal dalam usaha restoran maka yang di maksud adalah para kasir, pelayan, dan penjual sayur dll.baik yang terlibat langsung mau pun tidak.


Marketing Mix Procces :

Kegiatan marketing mix yang menunjukan bagaimana proses pelayanan yang di berikan kepada konsumen pada saat melakukan pembelian produk atau jasa yang kita tawarkan.


Marketing Mix Physical Evidence / Lingkungan Fisik :

merupakan Lingkungan fisik yang berkaitan dengan keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling jelas dan nampak dalam kaitannya dengan situasi pemasaran . maksud dari situasi ini adalah keadaan atau situasi dan kondisi secara geografi, lingkungan institusi, dekorasi dari ruangan, adanya suara, aroma fisik , cahaya yang terpancar , cuaca yang baik, peletakan dan layout yang nampak atau situasi lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli hal ini di kemukakan oleh Belk 1974 dalam Assael 1992.

Sumber :



http://vidia-anggun.blogspot.com/2013/11/tugas-4.html



http://dendyraharjo.blogspot.com/2010/09/makalah-dasar-pemasaran.html


http://www.lebahmaster.com/tips-dan-trik/tips-marketing/pengertian-marketing-mix


 



0 komentar:

Posting Komentar